Kamis, 12 Februari 2009

DEBT "fucking"collectOR


Ketika makin banyaknya prilaku dan moral kaum tua (baca :oknum pejabat) yang sudah mulai menyimpang hingga rela melacurkan dirinya pada kapitalisme serta kolonialisme sedangkan tingkah polah kaum muda sudah mulai menjurus pada kebingungan hingga sampai melupakan jati dirinya sebagai bangsa besar yakni bangsa Indonesia, serta makin maraknya idiologi nyeleneh kaum teroris yg mengatasnamakan agama makin merjalela… maka hanya ada satu kunci untuk mencegahnya wabah itu yakni kembali ke PANCASILA, ya itulah makna dari lagu RETURNING TO PANCASILA yang disuguhkan oleh Debtor dari album kompilasi grindcorner ,sebuah nomor yg tercipta dari rasa kegelisahan dan keperihatinan atas gejala diatas tsb.

Debtor ini bisa diartikan sebagai “mereka para pendosa “ Band yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan,nasionalisme,Pancasila serta sangat membenci korupsi dan penyimpangan prilaku birokrat lainnya ini dengan tegas mengproklamirkan dirinya sebagai Band penggusung genre music Grindcore; Nationalist –Socio Politica yg berkiblat pada The godfather of Grindcore yakni Napalm Death.

Berikut kita coba menapak tilas jejak langkah kebelakang dari sejarah salah satu Band pesakitan 19-21 ini : Debtor berdiri di era awal kebangkitan underground bali kurang lebih di awal 90an dengan formasi awal, Gus andi ( Gitar ), Indra (Vokal ), Yanto ( Bass), Weny ( Drums), Panji ( Gitar ).Panji harus hijrah ke JKT, disusul oleh Yanto juga. Hingga tinggal tersisa 3 orang pesakitan . Untuk mempertahankan keutuhan band ini maka dicobalah untuk mencari tambahan personil dan atas petunjuk para pejuang demokrasi dan Pancasila yg dijumpai oleh Andi dalam mimpi-mimpi malamnya yakni personil yang dimaksud itu haruslah memiliki ketahanan mental yang kuat (terutama terhadap music extreme metal ini),memiliki jiwa kesetiakawanan yg agung,cinta alkohol serta berasal dekat dengan sumber keagungan pulau bali yakni Pura Besakih (Karangasem).Berbekal dari petunjuk tersebut mulailah ditelusuri satu demi satu para pesakitan-pesakitan 19-21 yang kiranya memiliki kreteria tsb, hingga tanpa sengaja akhrinya dijumpailah orang yg dimaksud tsb, ya dialah Gun seorang pesakitan 19-21 yang akhirnya dipercayakan untuk memegang posisi sebagi Bassis.

Thrash..sebagaimana dijumpai dalam permasalah klasik dasar keutuhan sebuah band, yakni karena adanya pebedaan persepsi, akhirnya Indra keluar dari Debtor (dan kelak waktu itu akhrinya di bergabung dengan Triple Six), Weny juga keluar untuk konsentrasi di bisnisnya, dan digantikan oleh Gung Surya.
Atas bongkar pasang personel ,saat itu, Gus Andi sudah tidak lagi dengan gitarnya dan dia mengkhususkan diri di vocal dan untuk posisi gitar, dibantu additional oleh Kadek ( Epilepsy ).

Berhubung tuntutan orang tua, Gus Andi Melanjutkan kuliahnya di Australia..Tau sendirilah akibatnya kalau front mannya cuti panjang akhrinya Debtor dapat vakum beberapa lama. Sampai pada saat kembalinya Andi sehabis study dan sebaliknya, kemudian saat dimana Gung Surya harus bekerja di luar negeri maka posisinya diisi additional oleh Kum Kum of INFERNAL DESIRE untuk menghidupkan kembali Band ini.Sampai pada akhirnya sekarang Debtor hanya ada 2 personel tetapnya yakni Gun (bass) dan Andi (Vocal) utk additional posisi lainnya sementara dipercayakan kepada Wier (Gitar), Donkkank (gitar).

Dan kehadiran band ini paling sering ditunggu dan dinanti oleh para deathrasher Bali terutama para pesakitan 19-21 untuk bisa bersama-sama berheadbang,slamdance,pogo bareng dengan diiringi nomor klasiknya dari demo album pertama Crime Conspiracy…..the song could is …QUANDARY ……………………….arrgghhhh

7 komentar:

  1. Hail Grindcore !
    Hail Religious-Socialist Politica
    Hail Marhaenisme !
    Hail Soekarnoisme !
    Hail Motherland of Indonesia !
    Hail Pancasila !!

    BAGASKARA MANJER KAWURYAN...brothers!
    ( ..dan maka akan tiba Matahari akan bersinar terang benderang di Bumi Nusantara ini)

    Come..bergabung dalam pergerakan ini..
    Dari minoritas kita lawan semua mayor korupsi..

    Tks buat ulasannya saudaraku jember..
    I'll see u all on 28 February 2009

    Solitude & Discussion:

    http://www.facebook.com/people/Ida-Bagus-Andi-Loka/1012059966

    Cheers
    Andi DEBTOR

    BalasHapus
  2. DEBTOR! yang ada dikepalaku saat denger nama ini adalah sekumpulan orang sakit!

    dahsyat! sampai sekarang di bali TIDAK ada band lain yang bisa menyamai stage performance dari band gak jelas ini...walopun lagu2 nya banyak comotan dari band2 lain, tapi DEBTOR tetaplah salah satu band tua bangka yang sangat sangat luar biasa yang pernah dimiliki oleh metal bali...

    cuman sayang, vokalisnya terlalu feminim untuk seukuran vokalis metal...gak tau mungkin karena sering bergaul dengan cemcemannya butra???

    ayujegeg666

    BalasHapus
  3. aku salah satu penggemar berat Debtor..Gun yang atraktiv, Gus Andi yang selalu provokatif di atas panggung, sangat pintar memanaskan suasana. senang bisa menjadi bagian dari salah satu band Grindcore terbaik di Bali.

    BalasHapus
  4. Band apa ini,boyband ato ketoprak humor ha..ha..!Age pernah dengar dl waktu msh aktif kumpulin generasi baru,mrk pasti nanya,apa debtor maen,kalo tdk maen mrk tdk nonton.Wah..wah..bener2 debtorphobia!Kalian band yg paling ditunggu unt saat ini,beat2nya asik unt.dibuat headbang dan pogo,pa lg unt ejakulasi oouuoohhh!!!Salut buat andi,walo sdh bangkotan tp jiwa GRINDCORE mendarah daging,liat gaya bicara dan kaos yg dipake,goodstyle bro!

    BalasHapus
  5. Vokalisnya terlalu banyak mukul kepala sendiri, abis main kepala sakit trus gak dibayar....wuaduh.....

    BalasHapus
  6. DEBTOR......

    The BEST BALINESE GRINDCORE BAND!

    Bravo utk Andi Debtor!
    ( Kapan Debtor rekaman nich??? )

    BalasHapus
  7. you know who you are.............. nice performance on the stage! keep metal till death!

    BalasHapus