Jumat, 16 Januari 2009

1921…Single/Album band Heavy/Thrash Metal panutan


Diantara sekian banyak band2 Heavy/Thrash/Metal era 80-90an yg sangat familiar singlenya dan sering diperdengarkan dalam siaran metal dari R.Yudha dan wajib dimiliki albumnya oleh thrasher kala itu diantaranya adalah :

1.Anthrax
Sangat familiar lewat single : Be All, End All, single ini sangat chatchy dan groovy serta enak utk berheadbang.
Band bergenre heavy metal, dg nama Anthrax ini yg sekarang dapat dikatakan udah jadi "mbahnya" Metal. Mereka dibantuk tahun 80-an di New York, Amerika Serikat. Mereka adalah Scott Ian (rhythm guitar), John Bush (lead vocals), Charlie Benante (drums, guitar), Rob Caggiano (lead guitar), dan Joey Vera (bass).

2.Death Angel
Single favoritnya adalah : Veil of Deception
Death Angel terbentuk di San Francisco, California, in 1982 by Rob Cavestany (lead guitar), Dennis Pepa (Bass guitar, vocals), Gus Pepa (rhythm guitar), and Andy Galeon (drums),

3.Exodus
Band ini terbentuk di San Francisco, California, USA Genre(s) Thrash metal Years active 1980 dengan personel Dukes,Gary Holt,Lee Altus,Jack Gibson and Tom Hunting, mereka join dengan label macam :
Combat, Capitol, Century Media, Nuclear Blast Associated acts Blind Illusion,

4.Metallica
Metallica adalah band yang muncul di scene underground awal 1980an yang berkembang menjadi band rock mainstream raksasa. Dengan penjualan album yang mencapai 57 juta unit didalam AS dan 35 juta unit diluar AS, mereka menempati posisi ke 18 sebagai salah satu artis penjual album terbesar yang terdaftar dalam Recording Industry Association of America.
Metallica dibentuk di California tahun 1981 oleh drummer Lars Ulrich dan gitaris/vokalis James Hetfield. bassist Ron McGovny kemudian bergabung dan dinyusuli Dave Mustaine. McGovney pergi setelah berkonflik dengan Mustaine dan posisinya diganti Cliff Burton. Sifat Mustaine yang agresif dan sering bermasalah dengan obat dan alkohol mengakibatkan dia dipecat oleh Ulrich dan Hetfield. Posisinya diisi Kirk Hammet, seorang murid Joe Satriani. Mustaine kemudian membentuk Megadeth.
Band mendapatkan namanya sewaktu Ulrich diajak promoter metal San Francisco, Ron Quintana, untuk bantu memilih nama dari daftarnya untuk dijadikan nama majalah barunya. Daftarnya terdapat nama Metallica. Ulrich menyarankan Metal Mania untuk mejalah Quintana dan memilih Metallica untuk band yang baru dia bentuk.
Bersama Megadeth, Slayer dan Anthrax, Metallica merupakan salah satu dari empat tokoh thrash metal pada era 1980an.
Album pertama Kill ‘Em All dirilis 1983 via Megaforce. Album pertama ini menjadi contoh sound dasar Metallica untuk era 1980an dengan khas vokal dan irama berat dari Hetfield.

5.Megadeth
Lewat single favorite kala itu…ya…holy wars, sangat mantap and cool dg kocokan tangan dingin dari marty friedman, sedikit ulasan dari Megadeth:
Diawali dari dikeluarkanya Dave Mustaine dari Metallica terbentuklah "Megadeth" personelnya antara lain: David Ellefson sebagai bass, Kerry King di gitar,serta drum yang digawangi Lee Rash (pada akhirnya Kerry King keluar dan bergabung di band lamanya:Slayer). posisi drum yang kosong setelah Kerry King yang balik ke Slayer diisi oleh Chris Poland. Lee Rush yang juga pergi digantikan Gar Samuelson. Dengan formasi tersebut, keluarlah album pertama dari Megadeth: Killing Is My Business...And Business Is Good dirilis di tahun 1985.

Sukses di album pertama membuat Megadeth mulai diirik oleh mayor label dan pada akhirnya dikontrak oleh Capitol Record. Di bawah kabek baru, keluarlah album ke-2 di 1986 :"Peace Sells..But Who's Buying, meraih sukses besar dan perlahan ketenaran Megadeth menyamai pendahulunya: Metallica untuk merebutkan posisi puncak sebagai "Most Popular Trash Metal"

6.Pantera
Cemetery of gate,,,,,,heal yeah, itulah single “mellow” yg sangat melakat di telinga para metalizer dari band Pantera ini :
Band ini terbentuk di United States Genre(s) Heavy metal, groove metal, glam metal (early) Years active 1981–2003 Label(s) Metal Magic, Atco, EastWest, Elektra Associated acts Arson Anthem, Damageplan, Down, Hellyeah, Rebel Meets Rebel, Superjoint Ritual Website www.officialpantera.com Former members Vinnie Paul,Dimebag Darrel,Rex Brown,Phil Anselmo,Terry Glaze

7.Sacred Reich
Who's To Blame, ya itulah single kebanggaan dari sacred reich yg sangat dicintai oleh metalizer dan sering di putar di yudha, bahkan pernah dibawakan oleh salah satu band ( epilepsy?? ) di acara yg diadakan di galleria nusa dua era awal 90an
Band MembersPhil Rind - Bass / Vocals
Wiley Arnett - Lead Guitar
Jason Rainey - rythym guitar
Greg Hall – Drums

Influences band ini adalah Slayer, Metllica, C.O.C., Black Sabbath, D.R.I.

8.Slayer
Lewat tembang “slow”nya season in the abys, yg sangat keren band ini juga pantas jadi mbahnya Thrash metal
Dibentuk di California oleh sang gitaris Kerry King dan Jeff Hanneman tahun 1981. Mereka berdua kemudian mencari vocalist, bassist, dan drummer yang kemudian diisi oleh Tom Araya (vocal/bass), Dave Lombardo (drum). Mulailah mereka tampil di club dan cafe di seputar California Selatan.

Saat mereka bermain di di Woodstock Club membawakan Phantom of the Opera milik Iron Maiden, Brian Slagel yang bekas wartawan musik menawari mereka untuk merekam satu lagu untuk dimasukkan dalam kompilasi yang sedang digarapnya. Brian kebetulan baru saja mendirikan Metal Blade Records. Lagu pertama itulah yang kemudian membawa Slayer ke kontrak rekaman dengan Metal Blade Records untuk 1 album penuh.

Slayer termasuk dalam jajaran 4 besar band trash metal diantara Megadeth, Anthrax, dan Metallica. Grup ini banyak mendapat pujian dari media karena dianggap menjadi tonggak bangkitnya death metal. Permainan mereka bertumpu pada kecepatan dan agresifitas yang didukung dengan penguasaan teknik bermain yang tinggi.

Lagu-lagu Slayer banyak menuai kontoversi karena mengusung topik-topik miring semacam penyembahan setan, pembantaian oleh nazi, dan anti religi walaupun mereka menyatakan bahwa topik itu mereka ambil bukan karena mereka benar-benar mempercayainya namun karena topik-topik itu menarik buat mereka.

Sejak dirilisnya album pertama mereka SHOW NO MERCY tahun 1983, sekurangnya 9 album sudah mereka produksi. Dengan formasi yang tetap sama, Tom Araya, Jeff Hanneman, Kerry King, dan Dave Lombardo berencana melepas satu album lagi.

9.Suicidal Tendencies
Suicidal Tendencies ini jg jadi band favorit kala itu, band ini dibentuk di California, United States Genre(s) Thrash metal,Hardcore punk, heavy metal, crossover thrash Years active 1981–present Label(s) Frontier, Caroline, Virgin, Epic, Suicidal Associated acts Infectious Grooves, Cyco Miko, Metallica, No Mercy, Excel, Uncle Slam, AgainST Dengan Members Mike Muir,Mike Clark,Dean Pleasants,Steve Brunner

10.Testament
Single favoritnya selain single klasiknya alone in the dark adalah single melownya the legancy dan return to serenity :
Testament was one of the first thrash metal bands to emerge from the San Francisco Bay Area in the 1980's. Undoubtedly, they are the inventors of the thrash-metal wheel. Testament’s powerful sound, influence, and longevity make them one of the Top 5 All-Time Legendary Thrash Metal Bands, putting them in the company of Slayer, Megadeth, Metallica, and Anthrax.

Testament is right now on the verge of signing a worldwide record contract to release an all-new album, which the band hopes to have in stores by March 2008!!! For this brand new record, the band has brought their original lineup back together – vocalist Chuck Billy, guitarists Eric Peterson & Alex Skolnick, and bassist Greg Christian – and have added friend and former member, Paul Bostaph.

1 komentar: