Selasa, 07 April 2009

Rise of Metal Bali


Gempuran globalisasi ke negeri nusantara ini tidak hanya sebatas pada bidang ekonomi,politik ,sosial, dan budaya saja tapi juga termasuk gempuran terhadap musik metal itu sendiri yang ditandai dengan makin banyaknya band-band metal luar negeri yang memperhitungkan dan memasukan nama Indonesia dalam list/jadwal tournya , hal ini juga dipicu oleh suksesnya konser2 band metal manca negara (semacam napalm death,lamb of god,sodom,kreator dll) dan juga dipengaruhi oleh masuknya indonesia di antara negara2 dunia lainnya dalam rangkaian ulusan/liputan Global Metal karya Sam Dunn and Scot McFadyen.

Trus point apa yang bisa diliat dalam skala scene Metal Bali atas fenomena diatas?? Ya..tentunya scene Metal Bali harus bisa mempersiapkan dirinya jg kalau sewaktu2 diatara band2 metal yang akan datang ke indonesia "berkeinginan" utk singgah/mampir dan konser di Bali. Memang harus diakui kalau dari segi bisnis dalam artian banyaknya tiket serta nilai harga tiket yg bisa dijual utk konser2 sekelas Band metal international "kurang" menjanjikan diadakan di Bali. Tapi siapa sih yang tidak tau pesona Bali di jagad ini??, nah keunggulan nama Bali sebagai tempat singgah/berlibur adalah merupakan modal besar yang dapat digunakan juga utk dapat menggaet band2 Metal dunia utk dapat singgah/mampir/berlibur dan tentunya mengadakan konser dg skala "kecil" model di pub atau dicafe, sebagaimana pernah dilakukan oleh band Punk dunia macam NOFX.

Dan tentunya yg lebih penting lagi adalah kalau band metal luar ini berkeinginan maen di Bali tentu tidak bisa dilepaskan dari adanya E.O dari komunitas Metal di bali itu sendiri yg dapat dipercaya utk bisa bekerja sama dengan E.O utama (Jkt) maupun E.O lainnya yg mendatangkan artis/band Metal manca negara ini ke Indonesia.

Nah untuk menyikapi fenomena gempuran global metal tsb, maka scene metal di Bali mesti solid dan bersatu padu, dan utk permulaannya beberapa metalizer lawas mencoba utk membuka pintu ini kedalam sebuah agenda yang tertuang dalam visi dan misi dibawah ini, yang tentunya tujuan akhirnya adalah agar makin bersinar dan bersatunya metal Bali dengan tidak ada dikotomi metal lawas dan baru.

“Rise of Metal Bali”

Visi dan Misi

Visi :
Menuju Industri dan ajegnya scene Metal (Bali)

-Industri scene Metal (Bali) bermakna merangkul komunitas Metal yang dapat menuju pada sebuah aktivitas industri.

-Ajegnya scene Metal (Bali) bermakna tetap eksis dan berkembang serta regenerasi scene Metal yang solid di Bali

Misi
Dalam rangka mewujudkan visi tersebut maka formulasi misinya adalah :
-Membentuk sebuah wadah atau kelompok “bisnis” tertentu yang memiliki idialisme dan tujuan yang sama dalam menghasilkan sebuah nilai ekonomi dalam hal ini kegiatan yg erat hubungannya dg scene Metal seperti Penyelenggaraan konser Metal baik yg local maupun international serta kegiatan lainnya.
-Membangkitkan kembali scene Metal lawas (dalam hal ini komunitas 19-21) dalam sebuah reuni yang bergandengan tangan dg generasi-generasi metal berikut untuk menunjukan bahwa scene Metal bali tetap ajeg, eksis ,berkembang serta dapat melahirkan generasi-genarasi Metal berikutnya.

Untuk merealisasikan visi dan misi tersebut maka dalam waktu dekat ini (sekitar bulan Juni) kita berencana mengadakan sebuah reuni yang dikemas dalam sebuah rakaian hajatan konser Metal dengan beberapa opsi/alternative agenda yaitu :
1. Menghadirkan bintang tamu Condemned (band brutal Death Metal dari USA) yg akan didampingi oleh band-band lokal lawas serta generasi band berikutnya .
2. Mengundang band Metal local/Nasional yg lagi bersinar seperti Dead Squad dll yg akan didampingi oleh band-band lokal lawas serta generasi band berikutnya .
3. Menghadirkan band-band metal lawas dan band generasi berikut dg menggusung lagu-lagu karya sendiri atau membawakan lagu-lagu metal lawas dari band2 pioneer ( semacam Tribute to old school death metal)

Terealisasinya rencana ini tentu tidak bisa dilepaskan dari yang namanya DANA, dan sebelum mengarah kepada sponsor maka untuk pendahuluan kita akan mencoba menggali support dan dukungan dari scene metal Bali sendiri dengan mengadakan sebuah Bazar, dan tentunya dukungan dari kegiatan Bazar ini adalah dengan membeli dan membantu menyebarluaskannya kepada kerabat,teman,tetangga dan lainnya.


“Ajeg Metal Bali”

5 komentar:

  1. ide yg bagus dan brillian..age dukung,sink nyangka jleme negaroa dueg2 yo..ken ganteng2!

    BalasHapus
  2. SUPPORT 1000% UNTUK KEMAJUAN SCENE DI BALI!

    Tapi Maaf, hanya bisa support tapi belum bisa kasi kontribusi apa2.. hik.. hik.. hik.. jadi malu.. :-((

    BalasHapus
  3. semakin hari tulisan-tulisanne semakin "menggigit"!!! hehehe...

    BalasHapus
  4. Berawal dari yang kecil atau sedikit tapi akhirnya menjadi yang semakin besar atau banyak...Hail Metal.....

    BalasHapus
  5. bangkit kembali dari kubur 19-21 deaththraser and bali corpsegringer!!!

    BalasHapus