Minggu, 01 Maret 2009

Metal Vacation


Bedugul….,mm kalau denger nama itu pasti yg akan terbayang adalah sebuah daerah yg dipenuhi oleh pepehonan khas kebun raya,dengan pasar sayur,buah dan hasil pertanian lainnya ,dengan danau serta lingkungan yang hijau, adem,tenang, kadang berkabut dan yang pasti atmosfir dinginnya. Namun pada satu radius tertentu lingkungan sekitarnya berubah jadi riuh oleh sebuah habitat yang menghitam dan bahkan didalam sebuah arena gedung tua terjadi polusi kebisingan, dan atmosfir ruangannya jadi panas dengan populasi habitat masa hitam yg terkesan bagai belukar liar yg menjalar memenuhi ruangan serta lingkungan sekitarnya. Ya itulah intro awal kondisi yg terjadi pada sebuah tempat di lingkungan bedugul yang bernama Ashram hotel&restoran yg telah terkontaminasi oleh sebuah hajatan yg diselenggarakan peguyuban metal bali sebuah gawean yg mengambil tema metal vacation.

Vacation…vacation…,keriuhan rencana “liburan” akhir pekan diakhir bulan Feb ini sudah terasa beberapa hari lalu dan bahkan malam sehari sebelumnya telah terjadi saling balas pantun sms yg membingungkan akan kepastian jam serta kloter keberangkatan team vacation ini. Hingga finaly +/- pukul 13.30 siang kami (jmbr,arik,andik,age,astra) berangkat bersamaan dg dua kendaraan setelah sebelumnya mamarkir satu kendaraan pada sebuah pompa bensin di bilangan daerah sempidi. Disepanjang perjalanan dengan hidangan pemanasan nomor2 deathmetal dari audio mobil kami ngobrol ngalor ngidul mulai dari topic serius seputar scene metal sampai obrolan ringan tentang aktivitas rutin harian kami akhir2 ini yakni saling cela teman dalam forum chating dan tentunya hot gossip selangkangan gejolak gelora “para penjahat kelamin” hingga tak terasa sejaman perjalanan sdh nyampai didaerah bedugul.

Memasuki lokasi vacation metal dipinggiran danau beratan aura metal sdh mulai terendus dg berkeliaran dan bergerombolnya masa hitam-hitam,demikian halnya diluaran venue terdapat beberapa lapak khas “tiga jari” yg menjajakan kaset/cd/vcd,poster,t-shirt,zine serta atribut metal lainnya, dan dlm salah satu bilik ada jg aktivitas pameran art work khas brutal deathmetal dari dede &friends, ada pamflet2 acara metal yg akan terjadi, serta ada selebaran kertas “wall of frame” dan kami sempatkan jg utk mengisinya (tentunya dg deretan huruf..hell 19-21 bastard) dan ada juga agenda discus/sarasehan seputar scene metal dan trik siasat band utk dpt tampil dalam acara konser-konser Metal. Dan dari list paguyuban pengisi acara rupanya telah terjadi 13 kali pembantaian saat kami sampai di lingkungan “sesat” itu. Sampai akhirnya kami masuk kedalam gedung tua itu karena akan terjadi penyemblihan dari pasukan infectous arteries, ya benar saja lewat seseonis vocalist band deathmetal lawas jogya corpsegrinder: mortal screem (RIP??) yakni gendon crowd benar2 dicingcang habis dg sajian ultra brutal dari nomor-nomor klasiknya suffocation. Mmm..pinter aja mereka mencuri perhatian crowd dan menarik hati kami para metalizer tua dg sajian old school deathmetal khas soud suffocation, hingga mampu membuat kami ikut memanaskan crowd yg sebelumnya adem itu dg berheadbang,pogo,slam dll. Sungguh hidangan yg sempurna sebagai pemanas badan dari kondisi dinginnya suasana luar gedung.

Dinginnya udara bedugul itu sungguh merayu dan menggoda kami utk segera dapat mencari kehangatan, yes..memang sungguh tidak layak kalau suasana dingin ini tanpa kehadiran alcohol sang dewi kehangatan. Bergegas saja kami menuju areal pasar utk mendapatkan berbotol-botol bir utk dibawa kembali ke sebuah tempat pinggiran danau dan dihidangkan berdampingan dengan bertusuk-tusuk sate kelinci khas daerah bedugul….mm..nyam..nyam..nyam…sebuah pesta deathkuliner ditengah-tengah acara death “fucking” metal vacation. Disatu sisi didalam venue saling bantai silih berganti band-band pengisi acara salah satunya penampilan band black metal tamu dari Surabaya dg ciri khas masker dan screemnya namun keliatannya era kebelakang ini sdh menghilangkan ritual sesat ala black metal dg mengigit aneka binatang hidup macam ular,ayam serta kelinci (tapi kalau kelincinya sdh dijadikan sate pasti akan diborong oleh mr.age…he..he..he..thks for nice fucking deathkuliner ge!!), Hingga kami kembali berada didalam arena tsb dan ada salah satu band potensial berikutnya yg cukup menyita perhatian kami dan crowd yakni error scream, band brutal generasi berikut yg keliatan punya masa depan yg bagus, dengan penampilan drummer yg keliatan memiliki bakat ,power,skill serta variasi ketukan diatas rata-rata hingga tanpa ragu kami utk memujinya dan menaruh harapan besar utk kebanggaan dan kebesaran scene metal Bali serta penampilan band-band generasi baru lainnya yg tak kalah potensialnya jg macam Born by mistake,Trojan,Bersimbah darah,Anti pop,two ice queen band gotic yg mampu memberi sajian berbeda ala “duo macan” serta tetunya band Rezume ( yang performance band-band tsb tidak aja pernah ditunjukan di bali saja tapi sdh mampu menjangkau luar bali, salut & tetap luaskan jangkauan networkmetal kalian !!!). Tak mau kalah dengan penampilan band-band juniornya, band pendahulunya yakni Infernal desire juga masih mampu memporakporandakan crowd dg tanpa kehadiran basisnya namun menghadirkan mantan vocalis “kecilnya” yakni yoyo si yoyo….(k) yg berduet dg vocalis “besarnya” yg disambut liar oleh masa hitam-hitam.

Dan tentunya disamping infernal desire dan Triple Six, band tua bangka yg berada dikubangan Neraka 19-21 Jahanam yang masih sering dirindu,dinanti dan ditunggu kehadirannya adalah yakni sang pasukan pendosa ‘Debtor”…. ya band metal lawas yg personel tetapnya menyisakan si Gun sang basis&drunker flamboyan serta Gus andi sang vocalis &orator nasionalis enemy of koruptor kotor nan sinting gila miring yang dengan rela diiringi sang seseonis arak lover wier dan donkkang. Kehadiran mereka diatas panggung yang miskin lighting itu mampu membius dan menjadikan crowd yg sudah sesak padat itu jadi berantakan,liar,brutal,kasar ( namun tetap mampu terkontrol dalam bingkai bineka tunggal ika) dengan aksi headbang,pogo,moshing,bahkan stage diving / slam monitor dengan diiringi oleh nomor Returning to Pancasila, Troops of doom cover version klasik deathmetal Sepultura dan tentunya Quandary sebuah nomor masterpeace yg melukiskan kegelisahan dan kebingungan akan peristiwa 27 Juli ( Kudatuli)…Shit, ternyata mereka masih mampu menunjukan pamor dan karismanya pada sejawat generasi penolak tua serta junior-junior dan scene metal bali umumnya.

And ditengah beberapa kekurangan seperti minimnya lighting panggung ( ala sinar lampu kos-kosan),kurang koordinasinya beberapa agenda acara & pengaturan penampilan band pengisi acara, kegiatan metal vacation ini harus kita beri kata salut&sukses dan ancungi dua jempol krn mampu menghadirkan puluhan band dengan minimalisnya perangkat sound panggung tapi cukup memberikan output sound yg maksimal dan mantap serta cukup agresifnya sambutan masa namun tetap aman dan damai hingga dapat dijadikannya acara ini sebagai pelengkap agenda terselubung proyek idealis perjalanan metal bali (oleh dick dkk),memberikan "ruang" bagi small reuni pesakitan 19-21,serta disatu sisi yg cukup mencuri perhatian adalah acara ini dapat memberikan konstribusi ekonomi bagi para pedagang-pedagang disekitar arena konser, hingga sampai sajian hidangan di restournt itupun soldout habis. Tidak salah kiranya kalau acara ini bisa dijadikan ajang rutin bagi anak-anak “sekolah metal” untuk mengisi “liburan metalnya”

18 komentar:

  1. Bos, liputanne monto gen.... beh, kurang puas ne... kayaknya masih banyak deh yg belum diliput...!

    Bikin yg komplit bos... and tambahin photo2-nya.

    Penasaran neh! Nyesel jg nggak bisa datang... shit!!

    BalasHapus
  2. tante, ulasane aku colong ya untuk di forum iddm, males nulis lagi...heheheheh

    BalasHapus
  3. he..he..he..memang itulah sujatinya sebauh catatan biar dpt membikin rasa jadi kurang puas, krn kalau sdh puas tdk bisa berorgasme lagi :)) btw kalau bikin yg komplet bisa ngabisin seharian waktu baca dan berlembar2 halama blog ini, ok utk foto2nya akan kita tampilkan.

    BalasHapus
  4. Salam buat semuanya. Sorry aku nggak bisa hadir. Tapi spirit of metal tidak akan pernah pudar dalam diriku
    You know who you are

    BalasHapus
  5. Wuihh.....Aeng ti.... Acara emang seru...tapi yang tua - tua koq gak ada klimak apa... Pulang begitu saja tidak seperti gembar - gembor seminggu sebelum acara, hahahahha...Bujuh bungut kurenane nyaan puk.......

    BalasHapus
  6. he..he..sebelumnya kita memang sudah siap lahir batin utk nginep dibedugul,baju,handuk,sandal,odol,sikat gigi bahkan baju dlm sdh ada dalam tas masing2,dan stok bir masih dibagasi tapi entah kenapa kok sampe disana "rencana" itu jadi memudar apa krn pengaruh dinginnya bumi bedugul,btw lain waktu pasti kita jalani dg lebih banyak pesakitan lagi

    BalasHapus
  7. liputan yg sangat brutal hahaha..lain kali di pinggir danau stage nya kayanya lebih sadis dan brutal

    BalasHapus
  8. liputan yg brutal om,kayaknya besok2 kl stagenya bener2 di pinggir danau seru tuh hahaha...

    BalasHapus
  9. saya sarankan kita bikin lagi saja. hari pertama music berlanjut ke malamnya bikin acara babi guling dan arak! hari kedua bertamasya ke kebun raya.
    cukup 10 band saja, kolektif!!!

    BalasHapus
  10. panggung kemaren bikin aku ejakulasi berkali-kali..tks buat semua yang terlibat di acara ini..saran lain kali, panggung pake ice dry..kalo ngga ada, pinjam fogging-nya wier buat pengganti ice dry..

    BalasHapus
  11. Aaarrghhhh..!!!!!!!!!!!!! ndak bisa ikut..!! huh!

    BalasHapus
  12. meatal sampai mampus !!!!
    mana komentar utk bandna oleh para pengamat metal?

    BalasHapus
  13. yang ga datang di acara METAL VACATION 2009 pasti nyesel seumur hidup..!

    BalasHapus
  14. bIKIN AJA DI KUBURAN DEPAN ASRAM TUCH!!!! STAGENYA ISI PAKU PIDPID, TEDUNG DAN UMBUL UMBUL... BIAR TAMBAH " SEX "

    BalasHapus
  15. Makin tua makin jadi,makin edan makin mabuk,mabuk arak mabuk wanita ha..ha..!!

    BalasHapus
  16. acara ini keren dan patut berlanjut,hiburan,wisata,dan reuni.Buat temen2 yg tdk ikut kalian bener2 nyesel,krn jarang ada acara spt ini,kapan temen2 lama bs kumpul lebih banyak lg ya..hayo smangat jgn loyo,metal hrs tetap membara,smua org pasti punya kesibukan tp luangkan waktu sdikit saja masak kalah sama anak2 muda,blh tua tp jiwa metal hrs tetap berkobar!!!!

    BalasHapus
  17. gendon keren..suffocation!!!!

    BalasHapus
  18. katanya metal mampus,,,tua 2 malah brutal,, (Astra - Sablon666)

    BalasHapus