Jumat, 02 Agustus 2013

METALLICA .....sejarah kelam dan sebuah penantian yang panjang !!


Desas desus akan kedatangan band Metallica ke Indonesia sudah sejak setahun terakhir ini berhembus terus namun tidak pernah ada yang berani memastikan kepastiannya. Dan menjelang memasuki bulan Juni 2013 hembusan kabar akan kedatangan Metallica ke Indonesia semakin kencang terdengar setelah pada tanggal 20 Juni 2013 dalam situs resminya www.metallica.com serta dalam acount twitternya mencantumkan negeri Singapura sebagai tempat salah satu yang dikunjungi dalam rangkaian tour Asianya yakni pada tanggal 24 Agustus 2013.

Sambil berharap-harap cemas, beberapa Metal Militia Bali sudah berancang-ancang akan berangkat ke negeri Singa tersebut untuk menyaksikan aksi Metallica, sembari memantau dan menunggu kelanjutan kabar akan tempat berikutnya yang akan mereka kunjungi seperti note yang disebutkan dalam schedule tour Asia mereka. Dan pada tangal 3 July 2013 mereka menambahkan nama negeri Malaysia dalam rangkaian tour mereka yakni pada tanggal 21 Agustus 2013.

Arrgghhh  hembusan kabar akan dimasukannya nama Indonesia dalam rangkaian tour ini semakin kencang terhembus di media sosial. Yeahh !!!! dan benar saja pada tanggal 4 July 2013 dalam situs resmi dan twitternya Metallica akhirnya memunculkan nama Indonesia ( Jakarta ) sebagai tambahan negeri yang akan dithrasing selanjutnya dengan title berita di situsnya : One More Stop in Asia : yang menyebutkan bahwa bulan Agustus adalah bulan yang paling spesial bagi sejarah tour Metallica ,dan menunjukan kegembiraan mereka bisa datang kembali untuk kedua kalinya setelah 20 tahun berlalu (waktu yang sangat panjang) dimana kali ini mereka akan menjajal Stadion Gelora Bung Karno tepatnya tgl 25 Agustus 2013 yang akan diboyong oleh Blackrock ent.

Yeahh !!! akhirnya terjawab sudah kepastian kedatangan Metallica ke Jakarta yang sangat disambut antusias oleh para Die Hard Fansnya di saentero Republik Rakyat Metal Nusantara ini dan tentunya juga oleh para  manula dan pesakitan  Bali 19-21 Militia. 

Begitu berkesannya nama Jakarta bagi Metallica tentunya tidak terlepas dari kenangan yang telah ditorehkan oleh mereka pada tanggal 10 - 11 April 1993 sebagai sejarah kelam dan hitamnya live musik metal di negeri ini, bahkan moment ini telah masuk dalam Global Metal  2007 documentary film directed by Scot McFadyen and Canadian anthropologist Sam Dunn selain ajang konser Sepultura yang diadakan di Jakarta dan Surabaya tahun 1992.

 Konser kelam yang menimbulkan menimbulkan "trauma" dikalangan pihak berwajib hingga sempat menjustifikasi negatif dan rusuhnya sebuah konser musik metal dan berimbas pada ditutupnya kran perijinan untuk konser musik (terutama metal) di seantero jagad raya ini pada masa itu.

Rusuhnya konser Metallica 93 ini juga akhirnya berimbas pada tidak dikeluarkannya ijin konser musik "Gelegar Musik 93" yang diadakan oleh Liberty Ent.bekerja sama dgn 19-21 Balicorpsegrinder yang rencananya diselenggarakan pada tgl 29 Mei 1993 ( "....... menggandeng liberty entertain dia berobsesi utk membikin gawean gelegar music 93 yg khusus menampilkan band2 metal walau dengan tetesan tangis darah akhirnya sebelum angan itu tercapai sudah keduluan dijegal dan digagalkan oleh pihak berwajib krn dilarangnya utk sementara waktu gelaran acara semacam itu sebagai dampak dari rusuhnya konser metallica yg diadakan di Lebak bulus jkt tgl 10-11 April 93. Jangan di sebut Yannky kalau dia menyerah begitu saja trhdp keputusan pihak berwajib ini dg beberapa rekan2 senasib dia sampai mendatangi dan menggedor rumah wakil raykat (DPRD) kala itu utk mengadukan keputusan ini dan sampai diekspos jg di media cetak (Balipost) kala itu (fiuh…walau hasilnya sdh bisa kita tebak!!) .

 Dan untuk mengenang riuhnya konser Metallica pada tahun 1993 pada ulasan berikutnya akan kami publish liputan konser Metallica yang kami ambil dari Majalah Hai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar